Tabung  Gas Oplosan Diduga Sedang Beredar di Poso

0
676

PALU NP –  Jika dilihat sepintas lalu, hampir tidak ada yang janggal dari tabung elpiji seberat 12 Kg bertuliskan Bright Gas ini.

Namun jika diperiksa secara seksama, tabung berwarna pink ini dapat diduga palsu atau masuk dalam kategori tabung oplosan yang sengaja di mainkan dan di edarkan ditengah masyarakat Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.


Terdapat 2 kejanggalan pada tabung tersebut terutama terkait isi dan tambahan material lain di bagian dasar dengan kode tulisan KTC itu.

Terdapat sepotong besi plat yang sengaja ditempelkan di sisi bagian dasar dari tabung tersebut.

Gas dalam tabung itu juga ternyata cepat habis atau tidak sesuai jika dibandingkan dengan kapasitas pemakaiannya.

Terkuaknya indikasi manipulasi tabung gas itu sendiri berawal dari pengalaman salah satu ibu rumah tangga warga Kelurahan Sangele, Kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten Poso bernama Dina Sawuwu yang kemudian dipostingnya di sebuah grup facebook bernama Pekitandaya.

Dina Sawuwu dalam statusnya mengisahkan, tabung yang diduga palsu itu dibelinya dari salah satu warung yang ada di wilayah tempat tinggalnya.

Namun belum lama digunakan gas dari tabung tersebut langsung habis atau tidak sesuai dengan kapasitas penggunaannya.

Kejanggalan itu tak ayal membuatnya curiga dan memeriksa jangan-jangan ada yang tidak beres dari tabung tersebut.

Alhasil sejumlah kejanggalanpun  akhirnya berhasil dia temukan. Terdapat sebuah besi plat yang sengaja ditempelkan dengan cara di las di sisi bagian dasar tabung tersebut.

Karena masih penasaran tabung itu akhirnya dikembalikan ke warung tempat semula dibelinya. Dina juga ikut memeriksa sejumlah tabung-tabung yang ada di warung itu.

Ternyata masih terdapat sejumlah tabung-tabung lain dengan tempelan plat besi yang sama sementara sejumlah tabung-tabung lainnya normal alias tidak terdapat tempelan plat seperti tabung yang sebelumnya dibelinya dari warung tersebut.

“Pagi ini, gas habis dan agak kaget karena mestinya seminggu lagi dalam taksiran hitungan pemakaian rumah tangga kami, isenglah memeriksa tabung dan menemukan kejanggalan pada bagian dasar tabung terdapat potongan besi plat yang di las pada pinggiran dasar tabung.Mungkin memang semua begini ? Pengalaman selama ini belum menemukan yang seperti ini, sambil membawa tabung gas untu diisi/ditukarkan dan menginformasikan pada penjual dan memeriksa tabung-tabung yang ada, maka ketemulah ada tabung yang di las potongan besi dan ada yang tidak.Apakah cara ini gaya baru modus turunan seri oplosan?” tanya Dina seperti yang uploadnya di linimasa grup Pekitandaya, Selasa (21/4) pagi tadi (NP05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here