Aliansi Solidaritas Perempuan Sintuwu Raya Poso Gelar Aksi Damai

0
753

POSO NP – Puluhan wanita yang tergabung dalam Aliansi Solidaritas Perempuan Sintuwu Raya Poso, turun ke jalan menggelar aksi damai di pusat kota Poso tetapnya di bundaran tugu jam kota, Senin siang (09/03/2020), sekira pukul 14.30 wita dengan dikawal sejumlah aparat Satlantas Polres Poso.

Ketua Badan Eksekutif Komunitas Solidaritas Perempuan Sintuwu Raya Poso,
Evani H. Hamzah, SH, MH dalam pernyataan sikapnya terkait momentum Internasional Women Day’s (IWD) tahun 2020 ada enam tuntutan yang dilontarkan diantaranya menolak segala bentuk perampasan dan penghancuran sumber-sumber kehidupan perempuan, termasuk tanah, air, dan udara yang mengatasnamakan bisnis dan pembangunan.


Hentikan program pemerintah dibidang pertanian, yang menghilangkan kedaulatan perempuan atas pangan. Wujudkan hak atas rasa aman di wilayah Konflik. Lindungi perempuan buruh migran dari Poso, melalui kebijakan ditingkat daerah. Penuhi hak perempuan pengungsi korban bencana Pasigala – Sulteng yang ada di Poso. Menolak RUU ketahanan keluarga. Dan menolak RUU Omnibus Law Cipta Kerja (CILAKA).

“Sumber kehidupan perempuan dirampas untuk kepentingan bisnis pengusaha, pembangkit listrik yang ada di tanah Poso merupakan kepentingan oknum”

“Hari ini kita bersama rakyat yang lahannya diambil dan dirampas oleh PT. SJA dan PT. Bukaka untuk kepentingan bisnisnya dan bukan untuk kepentingan rakyat”

“Pembangunan sumber tenaga listrik di Sulewana dan PT. SJA di Pamona Tenggara adalah tipu daya untuk kepentingan bisnis pengusaha dan tidak lagi berpegang pada kearifan lokal”

“Kita harus terus berkomitmen bergerak bersama memperjuangkan hak-hak perempuan”

Sementara itu Koorlap aksi Kurnia Widyawati Sudin, S.Pd dalam kesempatannya juga menyuarakan soal penindasan terhadap perempuan dan menyuarakan hak-hak mereka serta apa yang dirasakan selama ini.

“Kami dari solisaritas perempuan bersama ibu-ibu melaksanakan aksi memepringati Womens Day’s untuk meyuarakan hak-hak perempuan yang telah dirampas dan diabaikan”

Sekira pukul 15.40 Wita, semua rangkaian aksi peringatan momentum Internasional Women Day’s tahun 2020 selesai dan membubarkan diri dengan aman.(NP06).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here